Multi-Objective Optimization by Ratio Analysis (MOORA) Method for Decision Support System in Selecting the Best Electric Car
Metode Multi-Objective Optimization by Rasio Analysis (MOORA) Untuk Sistem Pendukung Keputusan Dalam Pemilihan Mobil Listrik Terbaik
DOI:
https://doi.org/10.29244/ijsa.v8i2p129-131Keywords:
Decision matrix, Decision Support System, Electric car criteria, Electric car selection, MOORA methodAbstract
Implementasi metode Multi-Objective Optimization by Ratio Analysis (MOORA) telah berhasil diterapkan untuk memilih mobil listrik terbaik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Metode MOORA berhasil merangking untuk 10 jenis mobil listrik dengan 8 jenis kriteria, yaitu: kapasitas baterai, kecepatan pengisian baterai, fitur kenyamanan, fitur keselamatan, jarak tempuh, kecepatan maksimum, harga, dan tenaga. Penerapan algoritma Moora didasarkan pada 4 tahapan, yaitu: penentuan nilai kriteria, penyusunan matriks keputusan, normalisasi dan optimasi atribut, dan penentuan rangking. Hasil penerapan metode MOORA merangking 10 jenis mobil listrik dengan urutan: Toyota BZ 4X, Hyundai ionic 5 2022, Cherry omodo E5 2024, Wuling cloud EV, Vinvost VF5, Nissan leaf 2021, Kia EV5 2023, BYD Dolphin, Wuling binguo EV, Wuling air EV 2022. Ketika terjadi penambahan dan pengurangan kriteria terjadi perubahan perangkingan. Hasil perangkingan mobil listrik terbaik ditampilkan dalam website dengan pemrograman Javascript dan PHP yang memuat tampilan halaman dashboard, halaman kriteria, halaman data, dan halaman perangkingan. Perhitungan pada sistem website telah divalidasi dengan aplikasi Excell menghasilkan akurasi 100%.
Downloads
References
Romadhon, F. D., Subekti, R. (2023). Analisis Pengaturan Energi Terbarukan dalam Kendaraan Berbasis Elektrik untuk Mendukung Perlindungan Lingkungan (Analisis Komparatif Antara Indonesia, Brazil, dan Pakistan). Jurnal Pactas Sunt Servanda, 4(1): 177–190.
Dinanti, P., Sundari, S., Laksmono, R., Ramadhan, T. R., Sianipar, L. (2024). Analisis Biaya Ekonomi Serta Dampak Lingkungan Penggunaan Gasoline dan Biofuel Sebagai Bahan Bakar Transporta. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis Islam, 5(3): 1892–1905.
Purwanto, C. P., Arthana, I. W., Suarna, I. W. (2015). Inventarisasi Emisi Sumber Bergerak di Jalan (On Road) Kota Denpasar. Ecotrophic, 9(1): 1–9.
Anshor, A. H., Wiyanto. (2023). Analisis Pembelian Mobil Listrik Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer, 4(1): 476–485.
Wijaya, S. M., Kevin, N., Ie, M. (2023). Potensi Dan Hambatan Pemasaran Mobil Listrik Di Indonesia: Dampak Ekonomi Dan Transportasi Ramah Lingkungan. Jurnal Serina Ekonomi dan Bisnis, 1(2): 316–328.
Manaf, M. R., Sisilia, K. (2023). Analisis Profil Konsumen Mobil Listrik Wuling Air Ev Di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi, 10(3): 2133–2148.
Supriadi. (2023). Penerapan Metode Multi Atribute Utility Theory (MAUT) Pada Sistem Pendukung Keputusan Pembelian Mobil Hyundai. Jurnal Kompter Teknologi Informasi Sistem Komputer, 1(3): 153–160.
Hasanah, N. (2022). Penerapan Sistem pendukung keputusan pembelian sepeda motor listrik menggunakan metode AHP-TOPSIS. Tesis, Bandung: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Nofisuryano. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Mobil Bekas Berbasis Web Mobile (Studi Kasus: Showroom Reza Motor 2 Pekanbaru). Tesis, Riau: Universitas Islam Riau.
Dwanoko, Y. S. (2016). Implementasi Software Development Life Cycle (SDLC) Dalam Penerapan Pembangunan Aplikasi Perangkat Lunak. Jurnal Teknologi Informasi, 7(2): 83-94.
Rosita, I., Gunawan, Apriani, D. (2020). Penerapan Metode Moora Pada Sistem Pendukung Keputusan PemilihaMedia Promosi Sekolah (Studi Kasus: SMK Airlangga Balikpapan). Metik, 4(2): 55-61.